Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Jumat, 09 November 2018

Cara Mengatasi Virus Android

Nyatanya eh nyatanya virus dan malware tidak hanya menjangkiti komputer saja loh. Sebab eh sebab ponsel dan tablet juga menjadi target empuk buat si parasit ini, tidak terkecuali ponsel dengan sistem operasi Android.

Cara Mengatasi Virus Android

Yap, ponsel dengan OS Android terbukti sedang digemari dan dengan cara alamiah menggusur dominasi Blackberry yang sebelumnya pernah menjadi favorit para pemakai ponsel. Kecanggihan dan kekayaan fitur yang dimiliki oleh ponsel Android tidak dan merta menjadikannya kebal dengan beberapa perpersoalanan, salah satunya ialah persoalan virus alias malware yang menjangkitinya. Nah maka dari itu, pada tulisan hari ini Update Trik ! bakal menyaapabilan trik untuk menanggulangi virus di ponsel android yang semoga berguna untuk kamu :)

Sebelum kami menuju trik-trik untuk menghapus virus di android, ada baiknya kami mengenal apa saja ciri-ciri Android yang terserang alias terinfeksi virus dan alias malware. Berikut ciri-cirinya:

1.  Pemakaian data internet yang terlalu berlebihan (tidak wajar)
Maksudnya merupakan, kamu para pemakai android pasti mengenal persis untuk apa saja data internet yang dipakai. Nah pasti saja kamu juga mengenal/ memantau berapa data internet yang dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu. Apabila di suatu  perangkat android tersedia suatu  malware, ciri-cirinya ialah pemakaian data internet yang tidak wajar (tidak semestinya). Faktor ini dikarenakan malware biasa dipakai untuk mencuri data dari korbannya, semacam daftar kontak, nomor kartu kredit, dan kejahatan lainnya. Seusai sukses mencurinya, malware bakal dengan cara otomatis mengirim data yang sukses dicuri tersebut melewati internet jadi otomatis pula bakal menyedot data internet pada ponsel anda.

2.  Kemampuan menjadi lambat
Sebab saking tidak sedikitnya aktivitas yang diperbuat si malware/virus tadi, maka bisa dengan cara otomatis mengurangi kemampuan ponsel android kamu (lambat bin lelet). (Silahkan baca postingan: Tutorial Menanggulangi Android Lemot)

3.  Boros baterai
Tidak sedikit aktivitas = tidak sedikit pula daya yang dikeluarkan. Simple kan hehehe :p

4.  Tidak jarang terputus ketika sedang menelepon
Apabila kamu sedang menelepon, tiba-tiba terputus jangan salahkan sepenuhnya terhadap operator. Bisa saja ini sebab ulah si malware tadi. Ciri ini bisa dikenali apabila kamu sedang menelepon di wilayah alias daerah dengan sinyal keren, tetapi tetap saja telepon tidak jarang terputus.

Lalu, bagaimana tutorial menanggulangi ponsel android yang terinfeksi virus?

  • Searching dan semakin searching, saya menyimpulkan ada tidak sedikit tutorial untuk menanggulangi android yang terkena virus, baik dengan cara manual ataupun memakai software antivirus. Di peluang yang baik ini, saya bakal bagikan sedikit tutorial untuk menanggulangi virus di ponsel android (manual):
  • Backup terlebih dahulu data dan software yang dianggap penting ke kartu memory anda.
  • Pilih menu 'Setelan/Setting'
  • Pilih 'Buat Cadangan & Setel Ulang'
  • Pada opsi penghapusan, jangan centang tulisan 'hapus kartu SD'
  • Lalu pilih 'Setel Ulang'
  • Tunggu dan biarkan untuk beberapa hari android mereset dia sendiri ke pengaturan awal pabrik.
  • Ketika proses reset telah berakhir, maka ponsel android kamu telah normal kembali.

Cara manual untuk menghapus virus android ini terbukti bisa dikatakan sebagai tutorial mengembalikan ponsel android terhadap settingan awal pabrik, semacam di awal kamu membeli ponsel tersebut. Tutorial ini bisa dijadikan pilihan tidak hanya memakai antivirus. Software-software yang telah terinstall terbukti bakal hilang, tetapi kamu tetap bisa mengunduhnya lagi. Tetapi hati-hati ya ketika mengunduh suatu  software, tidak sedikit kemungkinan software tersebut terjangkit virus alias malware yang bisa menjangkit di ponsel android anda.